Sabtu, 02 Februari 2013

Tips Mengambil Keputusan



Dalam kehidupan sehari-hari seringkali kita dihadapi dengan pilihan yang mengharuskan kita mengambil keputusan dalam menentukan pilihan tersebut, dalam mengambil keputusan kadang kita seringkali membuat pertanyaan dalam diri sendiri akan benarkah keputusan yang diambil ini akan berdampak burukkah setiap keputusan yang akan diambil nantinya. Dalam mengambil keputusan diperlukan pemikiran dan perencanaan yang tepat sehingga kita tidak dihadapi oleh dilema setiap dalam mengambil keputusan tersebut walaupun pilihan yang dihadapi cukup sederhana.

Didunia ini tidak ada satupun manusia yang memiliki kemampuan dalam mengambil keputusan secara tepat dan baik. Dalam proses pengambilan keputusan itu dibutuhkan pembelajaran dan seringnya kita mendapati suatu masalah dalam hidup ini, memiliki masalah dalam kehidupan bukan suatu hal yang buruk. Karena setiap masalah yang kita hadapi merupakan salah satu media pembelajaran bagi kita untuk dapat lebih bijak lagi dalammengambil sebuah keputusan. Pada artikel kali ini saya coba memberikan beberapa cara atau tips dalam mengambil keputusan yang tepat dalam kehidupan anda sehari-hari


 Pusatkan tujuan serta sasaran dari setiap keputusan, langkah awal dalam penentuan tujuan ini anda harus benar-benar mengetahui dengan jelas dan pasti tentang keadaan atau masalah yang anda hadapi. Biasanya dalampengambilan keputusan terbagi menjadi 2 kategori, yaitu keputusan dengan jawaban ya atau tidak serta keputusan dengan memilih dari pilihan yang anda temui. Langkha awal ini menjadi pusat yang penting sebab sasaran akhir dalam pengambilan keputusan ini akan sangat mempengaruhi anda dalam bertindak dan berpikir. Jangan terlalu tergesa-gesa dalam mengambil keputusan rencanakan dengan matang tapi jangan juga anda terlarut dalam waktu yang akhirnya keputusan ini menjadi tidak terfokus dari kehidupan anda sehingga menyebabkan munculnya masalah lain dari kehidupan anda.

Temukan informasi yang tepat dari setiap masalah yang anda temui untuk mengambil keputusan yang benar, carilah pendapat yang mendukung keputusan yang anda buat. Tidak ada salahnya anda meminta pendapat dari orang-orang terdekat anda dalam mengambil keputusan, ingat orang terdekat bukan berarti keputusan ada ditangannya namun segala keputusan yang anda ambil merupakan sepenuhnya adalah menjadi tanggung jawab anda.

Temukan pilihan dan kemungkinan dari masalah yang ada hadapi dalam mengambil keputusan serta tinjaulah dari berbagai sudut pandang yang berbeda. Setiap langkah dalam mengambil keputusan anda harus mempertimbangkan segala kemungkinan yang akan anda temui terlebih lagi jika keputusan yang anda ambil merupakan sebuah keputusan besar dalam hidup anda. Telusuri segala sudut pandang yang berbeda jangan pernah menutup diri hanya dari hal-hal yang telah terpikirkan sebelumnya. Coba memikirkan segala sesuatu yang akan menjadikan buah keputusan yang tepat karena suatu ide kadang kala muncul dari hal yang tidak anda duga sebelumnya namun hal ini harus didukung oleh fakta dan pembelajaran yang benar.

Mengamati akan kelebihan dan kekurangan dari pilihan yang akan anda ambil, gunakanlah pemikiran yang masuk akal dalam setiap mencermati kelebihan maupun kekurangan bahkan keuntungan yang akan anda dapat serta kelemahan dari segala pilihan yang ada.

Jangan pernah beranggapan untuk sempurna, banyak orang yang menunda dalam mengambil keputusan dengan mengulur waktu demi menghindari kesalahan dari keputusan yang akan dibuat. Perlu diingat kembali bahwa manusia tidak ada yang sempurna seorang yang berpengalamanpun pasti pernah mengalami kesalahn dalam mengambil keputusan bahkan seorang pemimpin sekalipun tak jarang melakukan kesalahan dalam pengambilan keputusan. Jadikanlah kesalahan sebagai ilmu yang bermanfaat dalam proses pengambilan keputusan.

Jalani hasil keputusan anda dengan bijak sesulit apapun hasil keputusan yang anda ambil merupakan jalan yang harus anda tempuh untuk menghadapi suatu masalah. Jangan pernah menghindari suatu masalah yang pada kenyataannya masalah tersebut menjadi bagian dari hidup anda karena menghindar dari suatu masalah bukanlah suatu keputusan bijak yang harus anda jalani.

Apabila anda telah mengambil sebuah keputusan dari sebuah pilihan itu tidak berarti keputusan yang anda buat telah selesai cukup sampai disitu. Anda harus mengontrol serta mengawasi apa yang kira-kira dan apa yang akan dihasilkan dari keputusan tersebut dalam kehidupan anda dan jika dalam mengambil keputusan ternyata hasilnya tidak sesuai dengan yang anda kehendaki atau melenceng jauh dari yang anda harapkan sebelumnya anda bias kembali keawal dalam proses pengambilan keputusan tadi dengan kata lain anda harus mengulang dari proses awal dimana anda harus mengambil keputusan dalam masalah yang anda hadapi. Tidak ada kata terlambat untuk memperbaiki keadaan anda, karena segala sesuatu hal yang anda hadapi adalah sepenuhnya menjadi tanggung jawab anda dalam menjalani hidup ini.


Sumber : http://www.tipsrumahtangga.info/

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar